tips pendakian ke merapi

image

Sebelumnya karakteristik gunung merapi kekhasan ekosistem dan sosiosistem yang bernuansa volcano. Gunung ini merupakan gunung api aktif, bahkan teraktif di dunia karena periodisitas letusannya relatif pendek (3-7 tahun). Dalam kegiatannya, Merapi menunjukkan terjadinya guguran kubah lava yang terjadi setiap hari. Jumlah serta letusannya bertambah sesuai tingkat kegiatannya. Volume guguran kubah lava biasa oleh orang setempat disebut “wedhus gembel” atau glowing cloud/nueeardente atau awan panas. Geofisik Gunung Merapi memiliki tipe khas stratolandesitdan punya bentuk lereng yang konkaf.

Merapi juga merupakan pertemuan persilangan dua buah sesar transversal yang membentengi wilayah tengah Propinsi Jawa Tengah dan Propinsi Daerah Istimewa Jogjakarta, dan sesar longitudinal yang melewati Pulau Jawa.

Adapun Tips dan trick buat pendaki pemula, di sini saya akan membahas pendakian merapi;
1. Latihan fisik
Di sini latihan fisik sangat penting dan merupakan bagian terpenting dalam pendakian gunung, saya saran kan latihan lah fisik terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian, seperti minim joging seminggu 2-3 kali, latihan atur nafas. karena aktualnya pas di saat kita mendaki khususnya merapi. medannya cukup menanjak apa lagi pas masuki pos 3 jalanan udah mulai menanjak. dan yang sulit di saat pendakian di merapi pada saat pendakian ke puncak…di saran kan bawa bekal seperti minum dan kamera buat mengabadikan moment di puncak merapi

2. Peralatan
Adapun peralatan yang dibutuhkan saat mendaki khususnya di merapi bagi pemula. Saya sarankan bawa lah barang secukupnya. Bagi pemula disarankan didampingi oleh pendaki yang cukup profesional minim sudah 3 kali ke merapi jadi. Untuk. peralatan yang paling pokok sleeping bed, hansaplast koyo di potong jadi 3 atau 2 terus di tempelkan di hidung buang menghangatkan hidung supaya tidak meler pas kondisi dingin. bawa lah gula merah atau gula aren karena manisnya gula aren atau gula merah bisa memulihkan tenaga kita. Jangan lupa air mineral yang cukup buat pada waktu climb dan down hill pastikan persediaan air cukup. karena di merapai sama sekali tidak ada sumber air. jangan lupa bawa senter buat penerangan di malam hari.

Leave a comment